UN SMP 2015 Akan Online

Mulai tahun depan (2015), pemerintah akan menguji coba ujian nasional (UN) SMP secara online. UN online atau daring ini akan menghemat anggaran dan lebih efisien.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam Zaman mengatakan, UN online tahun depan akan diuji coba pada beberapa provinsi.

Seperti DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sulawesi Utara (Sulut) dan Jawa Timur (Jatim). Kelima provinsi ini akan melaksanakan UN online karena sudah menerima tawaran pemakaian sistem online dari Kemendikbud sebelumnya.

“UN SMP online tahun depan masih dalam tahap uji coba. Kami akan terus menawarkan ke provinsi lain yang ingin memakai sistem ini,” kata Nizam Zaman di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Minggu 15 Juni 2014.

Nizam menjelaskan, Kemendikbud berani menawarkan UN online ini karena suksesnya penerapan di luar negeri. Seperti Sekolah Indonesia Luar Negeri di Malaysia dan Singapura yang kemarin menjalani ujicoba.

Menurutnya, tidak ada masalah teknis ketika uji coba dilakukan di kedua negara tersebut bahkan, nilai peserta UN online di kedua negara tetangga pun bagus dan siswanya 100 persen lulus semua.

About SMKJuara1Kudus

Check Also

Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Era New Normal

Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru 07/08/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *